Alzaytun, Apa kata Connie tentang Alzaytun?

BERITA POLRI INVESTIGASI | INDRAMAYU, – Dalam rangka memperingati 1 Syuro 1444 H, para tokoh, lintas agama, lintas kampus lintas adat dan daerah tabbayun ke ponpes Al-Zaytun, dikutip 19 Juli 2023.

Di mesjid megah 7 tingkat Al Zaytun, ditengah 15.000 Saya sampaikan tentang pentingnya gerakan pada era Bani Abbasiyah (632-750 M) dengan program translasi naskah-naskah kuno Yunani.

Dua faktor pendorongnya, adalah kesuksesan Bani Umayah dalam meliterasi masyarakat dan adanya kebutuhan pada pola berpikir maju. Hal ini didapatkan melalui pemahaman naskah dan arsip kuno dari Socrates, Aristoteles, Plato, Phitagoras etc.

Kaum pemikir Islam al. Al Farabi, Ibnu Sina, Ibnu Rush, Al Jabr sangat menggandrungi cara berpikir para pemikir kuno Yunani dan menamai diri mereka dengan nama “fans club” neo platonik.

Mengapa? Karena Plato mengenalkan dasar ilmu pengetahuan dengan sebuah prinsip : ‘’Manusia adalah Binatang yang bertanya’’. Semakin banyak bertanya maka semakin akan paham dunia dan ilmu pengetahuan, yang kemudian akan semakin membawa kemajuan…

(Connie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *